Sistem Tarif Loop Line KRL Jabodetabek

– Harga karcis tidak naik.

– Penumpang yang berangkat dari stasiun di luar lingkar Jakarta, yaitu rute Bekasi, Bogor, Tangerang, Serpong, Kampung Bandan tidak perlu membayar karcis tambahan bila stasiun yang dituju berada dalam lingkaran (Manggarai – Sudirman – Tanah Abang – Duri – Kampung Bandan – Pasar Senen – Jatinegara – Gambir – Jakarta Kota). Contoh: Bogor – Sudirman, Bekasi – Tanah Abang.

– Penumpang membayar karcis tambahan bila berangkat dari stasiun di luar lingkar menuju stasiun yang berada di rute luar lingkaran lain. Contoh: Tebet – Palmerah, Bogor – Serpong, Palmerah – Tangerang, Rawa Buaya – Bekasi.

– Karcis tambahan yang harus dibeli adalah penjumlahan dari karcis-karcis setiap rute yang dilewati. Contoh: Tebet – Palmerah = karcis rute Depok (Bogor) + karcis rute Serpong, Bekasi – Tangerang = karcis rute Bekasi + karcis rute Tangerang.

– Ketentuan di atas berlaku untuk arah sebaliknya.


– Skema Loop Line KRL Jabodetabek

– Harga tiket KRL Ekonomi: Rp 1500 – Rp 2000

– Harga tiket Commuter Line:
Bogor – Jakarta = Rp 7000
Jakarta – Bogor = Rp 7000
Jakarta – Depok = Rp 6000
Depok – Jakarta = Rp 6000
Jakarta – Tangerang = Rp 5500
Tangerang – Jakarta = Rp Rp 5500
Manggarai – Jatinegara = Rp 5500
Bekasi – Jakarta = Rp 6500
Jakarta – Bekasi = Rp 6500
Serpong / Parung Panjang – Jakarta = Rp 6000
Jakarta – Serpong / Parung Panjang = Rp 6000

59 thoughts on “Sistem Tarif Loop Line KRL Jabodetabek”

  1. Boleh bertanya? Kalau hanya melalui jalur lingkar, berapa tarifnya? Misalnya dari Sudirman ke Kemayoran, atau dari Duri ke Jayakarta. Kemudian, rute Kota-Ancol-TjPriok apakah masih beroperasi? Berapa tarifnya kalau ada?

  2. Pak, mau tanya, ada tidak kereta api jurusan serpong ke tanjung priok dengan kereta Commuter Line, harus transit dimana dulu? transitnya bayar lagi atau tidak?
    Sebelumnya, terima kasih atas infonya

  3. Pak mau tanya kalo dari tebet mau ke pasar senen, terus transit di manggarai dan jatinegara mesti beli tiket lagi gak? kalo yang kereta langsung terlalu lama soalnya…

  4. semua kereta arah selatan (krl tujuan bogor, depok, bekasi) yang berhenti di juanda pasti lewat manggarai. jadi banyak jadwal ke sana. agak kebanyakan kalo buat disebutin satu-satu, mas.

  5. ini Bukit Duri Putaran,yg di Tebet Pak ..
    lalu kereta dari juanda ada tidak dan keberangkatannya jam berapa saja ..
    Terima kasih

  6. kalo yang dimaksud itu bukit duri di daerah manggarai, dari juanda anda bisa naik krl ke stasiun manggarai (krl tujuan bogor/depok/bekasi). dari situ, bukit duri sudah deket.

  7. Pak, kalau ingin kearah jl. Bukit Duri Putaran, kalau naik kereta dari juanda ada tidak ?
    dan turunnya distasiun apa ,
    Terima kasih

  8. Selama stasiun tujuan dan keberangkatan perjalanannya masih satu rute (Bogor/Serpong/Tangerang/Bekasi) plus rute lingkar dalam kota, bayarnya satu karcis.

    Soal kombinasi karcis CL atau Ekonomi, selama ada unsur CL, sebaiknya beli karcis CL, berapapun unsur Ekonominya. Soalnya di dalam CL ada pemeriksaan karcis. KRL Ekonomi nya tidak usah beli karcis lagi (selama masih satu rute plus rute lingkar dalam kota).

    Sebagai info, di pintu masuk stasiun juga ada pemeriksaan karcis. Di KRL Ekonomi tidak ada pemeriksaan karcis.

  9. Pak, mohon pencerahannya. Saya mau naik kereta (KRL) dari Kebayoran ke Mangga Besar. Apa boleh saya beli tiket ekonomi di stasiun Kebayoran?

    Karena dari stasiun Kebayoran ke Tanah Abang keretanya “Commuter Line”, lalu transit di Tanah Abang dan ganti kereta “Ekonomi” di stasiun Tanah Abang menuju stasiun Manggarai. Dan terakhir, transit di stasiun Manggarai dan naik kereta api “Ekonomi lagi” menuju Mangga Besar.

    CL-Eko-Eko bayarnya pake tiket Ekonomi (Rp 1500) atau normal (Rp 6000)?
    Kalau CL-CL-Eko bayarnya pake karcis ekonomi juga?
    Lalu bagaimana dengan Eko-Eko-CL? Aku jadi bingung karena terkadang kereta manapun yg datang duluan langsung aku naikkan tanpa pilih2. Kereta yg datang duluan ya yg itu yg aku naik…

    Mohon bantuannya karena aku harus transit 2 x, yaitu di stasiun Tanah Abang dan Manggarai.

    Terima kasih atas waktunya.

  10. Dari Palmerah ga ada yang langsung ke Dukuh Atas, Mbak. Mesti transit di Tanah Abang.

  11. Pak mau nanya, kalo saya naik di stasiun palmerah mau ke sudirman, apakah saya harus transit di tanah abang atau ada kereta yang langsung ke manggarai yang saya lihat lewat stasiun sudirman (dukuh atas). Moho info pak.

  12. Dari Stasiun Pondok Ranji naik KRL ke arah Tanah Abang.
    Turun di Tanah Abang.
    Pindah ke KRL tujuan Depok/Bogor
    Turun di Stasiun Cawang.

    Biayanya itu biaya tiket KRL Serpong dan KRL Depok (silahkan lihat di laman situs ini di atas). Tiket bisa dibeli sekaligus di Stasiun Pondok Ranji.

    Semoga bermanfaat.

  13. Pak, saya mau tanya kalau saya Mau pergi ke Cawang , dan saya berangkat dari stasiun pondok ranji, untuk sampai di stasiun cawang saya harus transit / pindah dimana dan berapa biayanya pak?

  14. 1. dari pondok ranji ke jayakarta bayarnya satu kali (di stasiun pondok ranji). transit di tanah abang (pindah ke krl arah manggarai), terus transit di manggarai (pindah ke krl arah jakarta kota)

    2. bayarnya satu kali (di stasiun pondok ranji) tapi beli dua tiket (tiket krl serpong & krl tangerang). transit di tanah abang (pindah ke krl arah duri (jatinegara)), terus transit di duri (pindah ke krl arah tangerang)

    semoga bermanfaat

  15. 1.Kalau naik krl dari Pondok Ranji ke Jayakarta bayarnya cukup sekali atau bayar lagi? transitnya dimana saja?
    2.Kemudian kalau naik krl dari Pondok Ranji ke Tangerang bayarnya cukup sekali atau bayar lagi? transitnya dimana saja?

  16. waalaikumsalam mbak rika,

    dari stasiun senen, anda naik krl tujuan bogor atau depok, lalu nanti turun di stasiun tanah abang.
    di stasiun tanah abang, pindah krl ke krl tujuan serpong atau parung panjang, turun di stasiun pondok ranji.
    jadi anda naik dua krl (krl bogor & krl serpong), transit satu kali di stasiun tanah abang.

    tarifnya untuk krl commuter line itu Rp 6000, ekonomi antara Rp 1000 – 2000
    meskipun pakai dua krl, anda hanya perlu satu karcis yang dibeli di stasiun pasar senen.

    semoga bermanfaat

  17. Assalamualaikum,

    Mau tanya pak,kalo dari st.senen ke pondok ranji caranya gimana?pake krl apa?tarifnya berapa? ada transitnya ga?
    Saya baru pertama kali mau naik kereta

    Terima Kasih

  18. ga sama setiap stasiun. tergantung jadwal.
    perjalanan krl stasiun juanda – depok itu perlu waktu sekitar 45 menit.
    menurut jadwal, tiga perjalanan krl jakarta kota – depok paling pagi (di juanda pukul 06.00, 06.04, 06.12) bisa sampai di stasiun depok kurang dari jam 7.
    tapi seringkali ada faktor lain yang bikin kereta terlambat dari jadwalnya. jadi saya pikir kalo emang perjalanannya sangat perlu tepat waktu, bisa coba survey dulu pak. semoga lokasi tujuan anda ga jauh dari stasiun.

    semoga bermanfaat.

  19. waalaikumsalam..
    dari pondok cina ke pondok ranji itu mesti pindah kereta (transit) satu kali di stasiun tanah abang.
    di pondok cina anda naik krl ke tujuan akhir jatinegara atau angke.
    turun di stasiun tanah abang, pindah kereta ke krl tujuan serpong atau parung panjang.
    turun di stasiun pondok ranji.
    anda harus beli tiket untuk dua krl: krl depok – jatinegara (commuter line Rp 6000 / ekonomi Rp 1500) dan krl tanah abang – serpong (commuter line Rp 6000 / ekonomi sekitar Rp 1000 – Rp 2000).
    tapi beli kedua tiket itu cukup satu kali, di pondok cina aja. di stasiun tanah abang ga perlu beli lagi.

    semoga bermanfaat

  20. sudirman – kalibata itu tarif jakarta – depok.
    jadi tarif krl commuter linenya Rp 6000, tarif krl ekonomi sekitar Rp 1500.

    semoga bermanfaat

  21. assalamualaikum..
    pak saya mau nanya kalo saya naik kereta dari stasiun pondok cina mau ke stasiun pondok ranji gimana caranya ya pak?transit dimana?bayarnya berapa dan dimana aja?
    makasih ya.mohon dijawab.

  22. assalamualaikum..
    pak saya mau nanya tolong dijawab ya.
    kalo saya dari stasiun pondok cina mau ke pindok ranji gimana caranya?bayar tiketnya berapa?makasih ya.
    mohon dijawab..

  23. Mas Admin, klo saya dari Sudirman-Duren Kalibata (atau sebaliknya) harus bayar tarif brp?apakah saya bayar tarif Jakarta-Bogor atau Jakarta-Depok, atau ada tarif khusus?
    Terima kasih

  24. Terima kasih banyak Pak .. atas infonya sangat membantu sekali

    apa sama setiap stasiun paling pagi jam 6.04
    soalnya saya harus tiba dilokasi pukul 7 pagi.
    apa kira-kita keburu Pak ..

  25. kereta gambir – depok paling pagi jam 6.02 pak. itu commuter line.
    ekonomi ga berhenti di stasiun gambir, tapi anda mungkin bisa ambil stasiun terdekat dari gambir: stasiun juanda atau stasiun gondangdia. krl ekonomi paling pagi di stasiun juanda itu jam 06.04

    posisi stasiun bisa dilihat disini http://www.transportumum.com/jakarta/kereta-jabodetabek/
    jadwal selengkapnya bisa dilihat disini dengan kode GMR untuk gambir
    http://www.transportumum.com/jakarta/rute-jadwal-terbaru-krl-jabodetabek-2011/

    semoga bermanfaat

  26. Pak, kalau dari st gambir ke Depok itu keberangkatan yg paling pagi jam berapa ya ..
    trus digambir tidak ada yg ekonomi ya?
    kemarin saya gunakan commuter line 6ribu,
    ada tidak yg ekonominya.
    makasih

  27. ga perlu mas. dari stasiun jakarta kota ada banyak krl tujuan stasiun bogor.
    semoga bermanfaat.

  28. mas, kalo dari jakarta kota ke bogor perlu ganti kereta lagi ga? ato lsg aja dari kota sampe bogor satu kereta aja? terima kasih atas infonya..

  29. kalo naik krl, dari stasiun tangerang ke stasiun pondok ranji mesti pindah kereta 2 kali.
    pertama, naik krl dari tangerang ke stasiun duri (krl tujuan akhir tangerang).
    terus dari stasiun duri naik krl ke stasiun tanah abang (krl tujuan akhir bogor/depok).
    dari stasiun tanah abang naik krl ke stasiun pondok ranji (krl tujuan akhir serpong).

    kalau naik krl commuter line ac, rute ini perlu tiket buat krl tangerang (rp 5500) dan krl serpong (rp 6000).
    atau bisa dikombinasikan sama krl ekonomi yang harga karcisnya rp 1000-2000

    beli tiketnya cukup satu kali, di stasiun keberangkatan.

    semoga bermanfaat

  30. Mas Mimin saya mau tanya dong kalo dari stasiun Tangerang(pasar anyar) mau ke arah pondok ranji?
    Gimana caranya ya? truz habis berapa?

    Terimakasih! Semoga KRL bisa menjadi solusi macet di jakarta..

  31. dari stasiun pondok ranji naik kereta tujuan stasiun tanah abang
    turun di tanah abang, pindah kereta ke kereta tujuan stasiun jatinegara
    turun di stasiun senen atau jatinegara

    ada dua macam krl, ekonomi dan commuter line
    kalo ekonomi tarifnya Rp 1000-2000, kalau commuter line sekitar Rp 5500 – Rp 6000
    bayar tarifnya cuma sekali (di stasiun pondok ranji)
    selama transit, mbak ga perlu bayar tiket lagi

    semoga bermanfaat

  32. Pak, saya mau tanya. Klo dari stasiun pondok ranji mau ke stasiun janinegara atau stasiun senen. Bagaimana caranya ya pak? Harus transit dulu atau engga ya? Berapa tarifnya & apa keretanya. Mohon bantuannya, ini pertama kalinya saya naik kereta

  33. Pak..kalo saya mau ke jatinegara dari serpong gimana..??
    apa saya perlu beli tiket lagi di tanah abang..?
    kalo saya lihat gambar..dari serpong ke tanah abang..,terus nyambung lagi naik kereta yg ke jatinegara…

    yang saya tanyakan apakah saya perlu beli tiket lagi..??

    terima kasih

  34. dari depok ke tanah abang naik krl yang langsung lewat tanah abang (jurusan jatinegara). ga pake transit.

    salam

  35. mas admin saya mau nanya. saya mau ke tanah abang, naik dari stasiun depok, nanti transit di stasiun mana ya? dan bayar karcis lagi gak??

  36. dari tangerang ke gambir naik krl itu mesti transit 2 kali di stasiun duri dan manggarai, ga ada yang langsung ke manggarai.

    .jadi naik krl di stasiun tangerang
    ;turun di stasiun duri
    ;trus pindah ke krl tujuan bogor/depok
    ;turun di stasiun manggarai
    ;pindah ke krl tujuan jakarta kota
    ;turun di stasiun gambir

    bayar tiketnya cukup 1 kali aja, tiket krl tangerang itu.
    Rp 5500 itu udah krl komuter ac (commuter line). ga ada yang lebih mahal lagi.

    stasiun tangerang itu namanya stasiun tangerang.
    posisi stasiunnya persis ada di laman ini.
    http://www.transportumum.com/jakarta/stasiun-kereta-tangerang/

    semoga bermanfaat.

  37. Pak mau tanya..
    KRL dari tangerang ke stasiun gambir ada gak?
    Berapa tarifnya?
    Itu infonya tangerang – jakarta = 5500, itu ekonomi ya pak?
    klo yg mahalan bkn ekonomi tujuan gambir ada gak pak? namanya apa?
    Trus tangerangnya di stasiun tangerang mana?
    Ditunggu bantuan jawabannya ya pak.. Thanks :)

  38. Mau tanya,
    semisal saya dari depok mau ke jatinegara, transit di manggarai. Harus beli karcis lagi ga?

  39. kalo ke kampung bandan, dari cisauk naik kereta ke tanah abang, turun di tanah abang terus pindah kereta ke kereta arah jatinegara. turun di kampung bandan. di kampung bandan ini bisa langsung ke mangga dua atau lanjut naik kereta tujuan jakarta kota.

    rute lain ke jakarta kota: dari cisauk naik kereta tujuan akhir tanah abang. di tanah abang pindah kereta ke kereta arah manggarai, terus di manggarai turun dan pindah kereta lagi yang ke arah jakarta kota. di kereta arah jakarta kota ini bisa turun di jayakarta atau jakarta kota.

    salam

  40. mau tanya pak.
    kalo dari cisauk turun di kota (kampung bandan) bisa tidak?
    kalo dari cisauk kereta apa aja yg bs saya naiki ke arah jakarta, saya kerja di mangga dua?

  41. ada dua pilihan:
    1. dari cakung, naik krl ke jakarta kota, turun di stasiun jatinegara, abis itu lanjut naik krl arah bogor/depok, turun di kampung bandan

    2. dari cakung, naik krl arah jakarta kota, turun di jakarta kota, abis itu naik krl tujuan kampung bandan.

    arah sebaliknya sama aja.

    soal tarif, yang saya tau cuma perlu karcis bekasi – jakarta, tapi silahkan ditanya aja ke bagian loket di stasiun.

  42. Pak numpang tanya,
    Kalo dari Bogor ke Tangerang paling pagi pukul brp ya?
    Terima kasih.

  43. Pingback: Naik Kereta Commuter Line Sistem Baru | Alfi'S Expressions
  44. Pak, numpang tanya,
    kalo saya berangkat dari stasiun Jakarta Kota jam 09.00 menuju ke stasiun Cakung pake Krl komuter,sebaliknya kalo saya dari Cakung jam 14.00 mau ke Tanjung Priok saya harus transit dimana sebaiknya? naik Krl apa ya? dan harus bayar berapa ?

    Terima kasih dan mohon sarannya ya pak.

  45. info yang saya terima dari pusat info krl (telepon nomor 121), jalur tanjung priok sekarang sedang ada perbaikan. jadi tidak ada kereta mengarah kesana, sampe akhir desember 2011.
    saran saya sih, turun di jakarta kota terus lanjut naik mikrolet ke tanjung priok mas.

  46. Pak, numpang tanya dikit,soalnya saya pengguna baru KRL Jabodetabek.
    kalo saya berangkat dari Jakarta Kota pake Krl Komuter Jam 09.00 tujuan ke stasiun Cakung.

    sebaliknya saya dari stasiun Cakung Jam 15.03 mau ke Tanjung Priok transit dimana ? naik Krl apa ya ? dan bayar berapa ?

    Terima Kasih.

  47. 1. tangerang – kampung bandan

    – dari krl ekonomi tiba di duri jam 6.08 pagi
    – lanjut naik kereta komuter jam 6.26 (Depok – Jatinegara)
    – turun di kampung bandan

    kalo berangkat pake krl ekonomi nyambung ke komuter, mestinya bayar dua-duanya. beli tiket ekonomi di tangerang, terus beli tiket komuter di duri.

    tapi kalo saya jadi mbak, saya di tangerang bakal beli tiket komuter tangerang – duri biarpun naiknya ekonomi. nanti di duri ga usah beli tiket komuter lagi. kalo mbak nyoba ini & nemu problem di lapangan, kasih tau saya lagi ya buat koreksi saya.

    2. kampung bandan – tangerang

    paling malem dari duri ke tangerang itu kereta komuter berangkat jam 20:45.

    – mbak dari kampung bandan naik kereta komuter jam 20.23 arah bogor.
    – turun di duri jam 20.35.
    – lanjut naik kereta komuter jam 20.45 ke tangerang.

    soal karcis yang ini, mestinya cuma beli tiket kereta tangerang di loket stasiun kampung bandan. mbak bilang aja ke orang loketnya kalo mau beli tiket kereta komuter ke tangerang.

    soal jadwal, mbak bisa liat pilihan jadwal lain disini:
    jadwal stasiun duri
    jadwal stasiun kampung bandan

    semoga lancar jalannya mbak

  48. pak numpang nanya donk. klo sy berangkat dari tangerang pake krl ekonomi yang paling pagi tujuan mau ke kampung bandan sy musti transit di duri pake apa y? jam brp? musti bayar tiket lg?

    sebaliknya klo saya dari kampung bandan mau ke tangerang paling malem jam brp ya dari kmpung bandannya. mksh

  49. mesti bayar full pak.

    di tangerang beli tiket ekonomi (Rp 2000/Rp 2500).
    di duri beli tiket komuter Jatinegara – Depok (Rp 6000).

    jadi di duri mesti ke loket juga.

    kecuali kalau anda mau naik ekonomi dengan karcis komuter. untuk ini saya masih menunggu jawaban dari rekan-rekan lain.

  50. pertanyaan bagus.
    menurut call center KAI yang baru saya kontak, karcis rute tangerang (ekonomi) lanjut ke sudirman (komuter) itu perlu karcis tambahan, yaitu karcis komuter yang dibeli di stasiun duri.

  51. Pak, numpang tanya dikit,
    kalo saya berangkat dari Tangerang pake KRL Ekonomi yang paling pagi terus transit di stasiun Duri mau ke arah Sudirman pake yang commuter line? apa itu perlu bayar tambahan juga yah?
    Mohon pencerahannya, soalnya jadwal itu yang paling pas sama schedule nya …

Comments are closed.